Dasar-dasar Layout Di Dalam Design Grafis

Apa itu komposisi?

Dalam banyak hal, tata letak dan komposisi adalah blok bangunan desain. Mereka memberikan struktur kerja Anda dan membuatnya lebih mudah untuk menavigasi, dari margin di sisi untuk isi di antara keduanya.

Mengapa komposisi begitu penting? Singkatnya, Begini Isi Anda diatur. Tidak masalah jika Anda bekerja dengan teks, gambar, atau elemen dalam grafis; tanpa bijaksana, tata letak baik tenang, pekerjaan Anda pada dasarnya akan berantakan.

Lima prinsip dasar

Kunci untuk menguasai tata letak dan komposisi adalah untuk berpikir seperti seorang desainer. Untungnya, itu lebih mudah daripada kedengarannya. Ada lima prinsip dasar yang bisa membantumu mengubah pekerjaanmu dan mempertajam matamu tentang desain. Ingat mereka selama proyek Anda berikutnya, dan mencari cara untuk menerapkannya.

  • Kedekatan

Kedekatan adalah tentang menggunakan ruang visual untuk menunjukkan hubungan dalam isi Anda. Dalam praktek, itu cukup sederhana-semua yang harus Anda lakukan adalah memastikan item terkait bersama-sama (misalnya, blok teks atau elemen dalam grafis, seperti dalam contoh di bawah).

Kelompok yang tidak berhubungan satu sama lain harus dipisahkan untuk visual yang menekankan kurangnya hubungan mereka. Semua ini membuat pekerjaan Anda lebih mudah untuk memahami sekilas, apakah itu murni teks atau sesuatu yang lebih visual.

  • White space

Ruang putih adalah bagian penting dari setiap komposisi. Sekarang, ini tidak berarti ruang putih literal, itu hanya berarti ruang negatif, seperti ruang antara isi Anda, antara baris, dan bahkan margin luar.

Tidak ada satu cara untuk menggunakan ruang putih dengan benar, tapi ada baiknya untuk memahami tujuannya. Ruang putih membantu Anda mendefinisikan dan berbeda bagian; itu memberikan ruang konten Anda untuk bernapas. Jika pekerjaanmu mulai terasa berantakan atau tidak nyaman, sedikit ruang putih mungkin sesuai perintah dokter.

  • Perataan

Penyesuaian adalah sesuatu yang Anda berurusan dengan sepanjang waktu, bahkan jika Anda tidak menyadarinya. Kapanpun Anda mengetik suatu email atau membuat sebuah dokumen, teks secara otomatis selaras.

Ketika menyelaraskan obyek sendiri (untuk instance, gambar atau kotak teks terpisah), mendapatkan Hak dapat menjadi rumit. Hal yang paling penting adalah bersikap konsisten.

Ini mungkin membantu untuk membayangkan isi Anda diatur dalam grid, sama seperti contoh di bawah ini. Perhatikan bagaimana ada baris tak terlihat berpusat pada setiap gambar ke teks? Setiap pengelompokan juga merata dan rata, dengan marjin berukuran sama.

Ini perhatian untuk detail yang membuat komposisi lebih mudah untuk menavigasi. Tanpa penyesuaian yang konsisten, pekerjaan Anda dapat mulai merasa tidak teratur.

  • Kontras

Kontras hanya berarti bahwa satu barang berbeda dari yang lain. Dalam tata letak dan komposisi kontras dapat membantu anda melakukan banyak hal, seperti menangkap mata pembaca, membuat penekanan, atau memanggil perhatian untuk sesuatu yang penting.

Untuk menciptakan kontras dalam contoh di bawah ini, kami telah menggunakan warna, lebih dari satu gaya teks, dan objek ukuran berbeda. Hal ini membuat desain lebih dinamis dan, oleh karena itu, lebih efektif dalam berkomunikasi pesannya.



Hirarki

Kontras juga terikat erat hirarki, yang merupakan teknik visual yang dapat membantu penonton menavigasi pekerjaan Anda. Dengan kata lain, itu menunjukkan kepada mereka di mana untuk memulai dan di mana pergi berikutnya menggunakan tingkat yang berbeda penekanan.

Membangun hirarki itu sederhana: putuskan saja elemen mana yang ingin kau lihat terlebih dahulu, lalu buat mereka menonjol. Tingkat tinggi atau item penting biasanya lebih besar, lebih berani, atau lebih penangkapan mata dalam beberapa cara.

  • Pengulangan

Pengulangan adalah pengingat bahwa setiap proyek harus memiliki penampilan yang konsisten dan merasa. Ini berarti Menemukan cara untuk memperkuat desain Anda dengan mengulangi atau menggema unsur-unsur tertentu.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki palet warna tertentu, mencari cara untuk membawanya melalui. Jika Anda telah memilih khusus gaya header, menggunakannya setiap kali.

Hal ini tidak hanya untuk alasan estetika—yang konsisten juga dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah untuk membaca. Saat penonton tahu apa yang diharapkan, mereka bisa bersantai dan fokus pada isinya.

Menempatkan semuanya bersama-sama

Anda mungkin mengatakan tata letak dan komposisi adalah pahlawan tanpa tanda jasa desain. Sangat mudah mengabaikan peran mereka, tapi mereka bagian dari semua yang kau lakukan.

Prinsip-prinsip yang baru kau pelajari bisa membantumu meningkatkan proyek apapun. Yang dibutuhkan adalah sedikit perhatian terhadap detail dan Anda dapat membuat komposisinya yang indah dan profesional.

Kami harap Anda menikmati belajar dasar-dasar komposisi!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting