cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sama sekali

cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sama sekali



cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sama sekali
cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sama sekali


devilserial.com - Meskipun tergolong praktis, HP touchscreen terkadang memiliki masalah seperti layar HP tidak bisa disentuh atau tidak merespons perintah. Jika hal ini terjadi, sistem HP tidak bisa dioperasikan secara optimal.

Oleh karena itu, pengguna harus mengetahui penyebab dan cara memperbaiki layar HP yang tidak bisa disentuh sama sekali sebelum membawanya ke tempat servis.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Sebelum mengetahui cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh sama sekali, kamu dapat memahami penyebab masalah tersebut. 

Dikutip dari laman Make of Us, berikut penyebab layar smartphone menjadi tidak responsif secara tiba-tiba.

Terkena Air

Beberapa perangkat smartphone ada yang tidak tahan air. Tetesan air yang masuk ke dalam HP dapat menyebabkan korsleting dan mengakibatkan layar HP tidak bisa disentuh sama sekali. Akibatnya, sistem operasi menjadi terganggu.

HP Terjatuh atau Terbentur

Penyebab lainnya ialah karena ponsel yang dipakai terjatuh dan terbentur benda keras. Hal ini berpotensi menyebabkan cacat fisik dan membuat layar HP tidak bisa disentuh serta sulit merespons perintah.

HP sudah Terlalu Lama Digunakan

HP yang sudah terlalu lama digunakan juga bisa menjadi penyebab berbagai kerusakan termasuk masalah touchscreen. Umumnya, setiap perangkat elektronik memiliki masa pemakaian kurang lebih 3 tahun sebelum performanya menurun.

RAM Penuh

Kapasitas RAM yang semakin penuh juga bisa berdampak pada layar dan salah satunya adalah hang. Akibatnya, layar ponsel tidak bisa merespons sentuhan dan mengganggu aktivitas.

        Baca Juga : 100 fungsi tombol keyboard dan penjelasannya

Cara Memperbaiki HP yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Setelah mengetahui penyebabnya, kini kamu bisa menyimak cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh sama sekali. Dirangkum dari laman Life Wire, berikut lima di antaranya:

1. Mulai Ulang Ponsel

Cara yang pertama adalah melakukan restart atau memulai ulang ponsel. Ini merupakan metode yang paling mendasar untuk mengatasi layar tidak responsif. Bisa saja perangkat hanya sedikit mengalami gangguan sistem yang disebabkan hal-hal di atas.

2. Bersihkan Layar Sentuh dan Pelindung Layar

Dalam kasus HP yang terjatuh, perangkat akan berhenti merespons karena layar terkena debu dan kotoran. Cobalah untuk membersihkan perangkat secara menyeluruh jika dengan metode restart ulang HP tidak berhasil.

3. Keringkan Ponsel Bila Terkena Air

Layar sentuh juga dapat berhenti bekerja, menjadi tidak responsif, atau bekerja tidak menentu saat ponsel terkena air. Dalam hal ini, mengeringkan telepon secara menyeluruh menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Keluarkan Kartu SIM, Memori, dan Perifal

Meskipun kurang umum, masalah dengan kartu SIM, kartu memori, dan periferal (seperti perangkat USB) terkadang dapat menyebabkan masalah layar sentuh pada ponsel. Sebelum melakukannya, pastikan ponsel sudah mati dan tidak terhubung dengan aliran listrik.

5. Gunakan Mode Aman

Beberapa aplikasi yang diunduh dari situs yang tidak aman bisa menyebabkan layar HP tidak responsif. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan mode aman. 

Apabila mode aman diaktifkan layar berfungsi dengan baik, artinya ada masalah pada aplikasi atau program yang diunduh sehingga perlu dihapus.

Jika lima metode di atas tetap tidak berhasil mengatasi masalah tersebut, bawa ponsel ke tempat servis resmi berdasarkan merek HP yang digunakan.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sama sekali

Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting