Mempelajari Dasar-dasar Typografi di Dalam design

Tipografi ada di mana-mana kita melihat. Ada di buku-buku yang kita baca, di situs web yang kita kunjungi, bahkan dalam kehidupan sehari-hari — pada rambu-rambu jalan, stiker bumper, dan kemasan produk.

Tapi apa sebenarnya tipografi itu? Sederhananya, tipografi adalah gaya atau penampilan teks. Ini juga dapat merujuk pada seni bekerja dengan teks — sesuatu yang mungkin Anda lakukan sepanjang waktu jika Anda membuat dokumen atau proyek lain untuk bekerja, sekolah, atau diri Anda sendiri.

Jenis font yang umum

Tipografi bisa menjadi subjek yang mengintimidasi, tetapi tidak harus. Anda hanya perlu tahu sedikit untuk membuat perbedaan besar dalam hal-hal yang Anda lakukan setiap hari. Jadi mari kita mulai. Pertama, beberapa jenis font umum dan apa yang perlu Anda ketahui tentang mereka.

  • Font serif

Font serif memiliki goresan kecil yang disebut serif yang melekat pada bagian utama huruf.

Karena tampilan klasik mereka, mereka adalah pilihan yang baik untuk proyek-proyek yang lebih tradisional. Mereka juga umum dalam publikasi cetak, seperti majalah dan surat kabar.

  • Font Sans serif
Font Sans serif tidak memiliki stroke ekstra — maka namanya, yang merupakan bahasa Prancis tanpa serif.
Gaya ini dianggap lebih bersih dan modern daripada font serif. Juga, cenderung lebih mudah dibaca di layar komputer, termasuk smartphone dan tablet. 

Menampilkan font

Font tampilan datang dalam berbagai gaya, seperti skrip, blackletter, semua topi, dan hanya mewah biasa. Karena sifat dekoratifnya, font tampilan yang terbaik untuk sejumlah kecil teks, seperti judul dan header dan desain grafis-berat.


Memilih font

Di satu sisi, font memiliki bahasa mereka sendiri. Mereka semua memiliki sesuatu untuk dikatakan di luar kata-kata di halaman. Mereka bisa tampil sebagai kasual atau netral, eksotis atau grafis. Itulah mengapa penting untuk memikirkan pesan Anda, lalu pilih font yang sesuai.

Font yang harus dihindari

Beberapa font dilengkapi dengan bagasi tambahan, termasuk Comic Sans, Curlz, dan Papyrus. Tidak ada yang salah dengan font ini — mereka hanya memiliki reputasi tertentu karena sudah ketinggalan zaman dan terlalu sering digunakan.
Jika Anda menemukan diri Anda tergoda oleh mereka, berpikir dua kali dan mempertimbangkan untuk menggunakan sesuatu yang lain. Ada banyak font dengan tampilan dan nuansa serupa yang cenderung mengurangi pesan Anda.

Menggabungkan font

Ketika memutuskan font mana yang akan digunakan, lebih sedikit. Yang terbaik adalah membatasi diri pada satu atau dua per proyek. Jika Anda membutuhkan lebih banyak kontras, cobalah mengulangi salah satu font Anda dalam ukuran, berat, atau gaya yang berbeda. Trik ini praktis sangat mudah untuk membuat kombinasi menarik yang berhasil.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa lawan menarik. Hal yang sama berlaku untuk font. Jangan takut untuk menggabungkan gaya font yang berbeda tetapi saling melengkapi, seperti sans serif dengan serif, pendek dengan tinggi, atau dekoratif dengan sederhana. Ini bisa menjadi tantangan pada awalnya, tetapi jangan putus asa. Lihatlah desain lain untuk inspirasi, dan segera Anda akan memahaminya.


Istilah penting lainnya

Mungkin Anda pernah mendengar istilah seperti kerning, leading, tracking, dan hierarchy. Bagi mereka yang memiliki lebih banyak pengalaman, konsep-konsep ini sangat penting untuk menciptakan desain yang tampak profesional. Sebagai pemula, Anda tidak perlu tahu segalanya tentang istilah-istilah ini — cukup untuk menginformasikan pekerjaan Anda dan membantu Anda berbicara tentang desain dengan lebih percaya diri.

Hierarki

Hirarki digunakan untuk mengarahkan mata pembaca ke apa pun yang paling penting. Dengan kata lain, ini menunjukkan kepada mereka ke mana harus memulai dan ke mana harus pergi selanjutnya menggunakan tingkat penekanan yang berbeda.
Membangun hierarki itu sederhana: Putuskan saja elemen mana yang Anda ingin pembaca perhatikan terlebih dahulu, lalu buat mereka menonjol. Item tingkat tinggi biasanya lebih besar, lebih berani, atau berbeda dalam beberapa cara. Ingatlah untuk tetap sederhana dan tetap berpegang pada hanya beberapa gaya pelengkap.

Terkemuka

Memimpin (sajak dengan pernikahan) adalah ruang antara baris teks, juga dikenal sebagai jarak garis. Jika Anda tidak yakin berapa banyak penspasian baris yang akan digunakan, jangan khawatir — default biasanya baik-baik saja. Tujuannya adalah untuk membuat teks Anda senyaman mungkin untuk dibaca. Terlalu banyak atau terlalu sedikit jarak, seperti pada contoh di bawah ini, dapat membuat hal-hal tidak menyenangkan bagi pembaca.

Pelacakan

Pelacakan adalah ruang keseluruhan antara karakter, kadang-kadang disebut penspasian karakter. Sebagian besar program memungkinkan Anda mengembun atau memperluas ini tergantung pada kebutuhan Anda. Dalam beberapa desain, Anda dapat menyesuaikan pelacakan Anda untuk menciptakan efek artistik tertentu. Ini juga dapat membantu Anda memperbaiki font yang berjarak buruk untuk memulai.

Kerning

Kerning adalah ruang antara karakter tertentu. Tidak seperti pelacakan, itu bervariasi selama kata karena setiap huruf cocok bersama-sama berbeda. Beberapa font memiliki apa yang kita sebut kerning buruk, membuat huruf-huruf tertentu terlihat tidak tepat spasi. Jika font yang Anda gunakan memiliki kerning yang buruk, yang terbaik adalah memotong kerugian Anda dan memilih sesuatu yang lain.

Menempatkan semuanya bersama-sama

Teks yang dibuat dengan baik dapat berarti perbedaan antara sesuatu yang biasa dan sesuatu yang luar biasa — bahkan jika Anda baru memulai dengan desain. Yang dibutuhkan hanyalah minat pada tipografi dan Anda akan mulai memperhatikan lebih banyak, melihat lebih banyak, dan dapat berbuat lebih banyak dalam pekerjaan Anda sendiri.

Kami harap Anda menikmati mempelajari dasar-dasar tipografi!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting