Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Lengkap

Devilserial.comTIK adalah singkatan dari teknologi informasi dan komunikasi. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah teknologi yang berkaitan dengan pengumpulan, penghimpunan, pengorganisasian, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi. 

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Lengkap
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Lengkap

Berikut ini merupakan penjelasan singkat tentang pengertian TIK dalam sebuah contoh: Pengertian TIK Information and Communication Technology (ICT) dalam bahasa Inggris disebut Information and Communication Technology (ICT). 


Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Lengkap

Sebelum memahami pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi, kita perlu memahami apa arti dari masing-masing istilah teknologi, informasi dan komunikasi. 

Menurut KBBI, pengertian teknologi ada dua, yaitu: Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau ilmu terapan. Teknologi adalah cara universal untuk menyediakan hal-hal yang diperlukan untuk kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. 

Menurut KBBI, pengetahuan berarti informasi, penyajian, informasi atau informasi tentang sesuatu. Dapatkan berita, inspirasi, dan ide langsung ke email Anda. Registrasi email Menurut KBBI, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami. Komunikasi juga berarti hubungan atau kontak. 

Menurut Kementerian Pendidikan dan Bea Cukai, Informasi dan Komunisme (TIK) memiliki semua teknologi yang terkait dengan manajemen informasi. 

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah teknologi yang berkaitan dengan pengumpulan, penghimpunan, pengorganisasian, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi. 

Dalam istilah teknologi, TIK mengacu pada teknologi yang memungkinkan akses informasi melalui komunikasi. TIK mirip dengan teknologi informasi (TI) tetapi fokus utama TIK adalah pada teknologi komunikasi, seperti Internet, jaringan nirkabel, telepon seluler, dan media komunikasi lainnya. 


Mengutip UNESCO Institute for Statistics, TIK adalah berbagai teknologi dan peralatan yang digunakan untuk mentransfer, menyimpan, membuat, mendistribusikan, atau bertukar informasi. 

Contoh teknologi informasi dan komunikasi adalah: komputer; Internet (situs web, blog, dan email); Teknologi media langsung (radio, televisi, dan konten web); teknologi media (podcast, audio dan video dan perangkat penyimpanan); Telepon (telepon rumah, seluler, satelit, Visio atau video); Dan lain-lain. 

Perbedaan Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi? Poin-poin berikut membedakan teknologi informasi dan teknologi komunikasi: Teknologi informasi dan komunikasi dapat dibagi menjadi teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi digunakan untuk mengolah informasi. 

Contoh teknologi informasi adalah komputer. Teknologi komunikasi digunakan untuk mentransfer informasi dari sumber ke penerima. Contoh teknologi komunikasi adalah telepon dan televisi.


Pengertian TIK menurut para ahli 

Williams dan Sawyer (2003) 

Menurut mereka, ilmu TIK merupakan perkembangan teknologi yang merupakan gabungan dari banyak komputer melalui jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang dapat membawa data atau video.

Menurut Eric Desson 

Eric Deeson berpendapat bahwa TIK adalah solusi bagi manusia untuk bertindak sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mengumpulkan, mengolah, mengatur dan mentransfer serta berbagi data informasi dalam situasi sosial yang bermanfaat bagi mereka yang terkait dengannya. pusat pendidikan indonesia 

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan jenis yang tidak terpisahkan dan memiliki definisi yang luas terkait dengan semua kegiatan yang berkaitan dengan semua kegiatan organisasi, selama manajemen, proses manajemen dan selama transmisi atau transfer informasi antar media.

Anatta Sannai 

Anatta Sannai berpendapat bahwa dengan ICT masyarakat akan mudah mengakses informasi atau data dari orang lain.


Sejarah singkat perkembangan TIK 

Sejak zaman dahulu kala, ketika manusia lahir di muka bumi ini, manusia mulai berkomunikasi dengan menggunakan simbol-simbol.

Selain itu, diciptakan pula alat-alat yang dimaksudkan sebagai alat komunikasi seperti terompet, atau asap sebagai tanda peringatan bahwa ada bahaya. Pada tahun 3000 Masehi, sejarah menyebutkan bahwa tulisan pertama ditemukan berupa tanda-tanda yang digunakan oleh Humaria.

Kemudian pada tahun 1774 SM, Yunani memperkenalkan sistem penulisan dari kiri ke kanan dengan menggunakan abjad fonetik. Pada tahun 1455, Johann Gutenberg mulai mengembangkan jenis mesin cetak yang masih menggunakan lembaran logam dan kayu lentur.

Pada tahun 1714, Henry Mill, seorang ilmuwan Inggris, berhasil menemukan mesin tik. Pada tahun 1830 Augusta Lady Byron dan Charles Babbage menggunakan konsep Analytical Engine untuk menulis program komputer. Pada masa inilah komputer digital lahir. Pada tahun 1837 Samuel Morse menemukan telegraf dan kode Morse untuk bertukar pesan.

Pada tahun 1861, gambar bergerak ditampilkan di layar, menunjukkan penemuan proyektor. Pada tahun 1972, saat ini Ray Tomlinson menciptakan praktek E-mail (pesan elektronik) pertama kali untuk komunikasi jarak jauh.

Kemudian pada tahun 1986, IETF membuat server untuk dijadikan sebagai organisasi termasuk ARPANET, DARPA, DDN, dan Internet Gateway. Sedangkan di Indonesia, TIK dikenal dengan pemasangan sistem perangkat keras berupa perangkat komputer. Penemuan dari tahun 1970-an masih diperbarui baik dalam perangkat lunak maupun perangkat keras. Kemudian, pada tahun 1990, sistem internet mulai berkembang dan berkembang sebagai sistem pendidikan, dan pada saat itu kekuatan internet masih sebatas teks dan gambar. Pada tahun 2000, situs e-learning gratis dibuat yang dapat diakses oleh siswa dan guru. Kemudian Indonesia memahami konsep pembelajaran melalui simulasi seperti e-learning, e-lab, e-book, dll.

Dan ada juga sesi siaran TIK radio dan televisi dengan siaran satu arah dari fasilitator/pelaku ke siswa. Kelemahan dari media ini adalah tidak dapat dihentikan ketika disiarkan, tidak dapat diulang siarannya setelah melalui siaran gambar, suara dan teks.

Namun saat ini perkembangan TIK sangat pesat dan era industrialisasi 4.0, hampir semua kegiatan dikuasai oleh TIK, mulai dari proses pendidikan, bisnis, komunikasi, pekerjaan, dll. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan TIK semakin pesat, dan mereka yang tidak mau mengikutinya akan tertinggal. Selain dampak positif yang dapat menunjang aktivitas manusia, juga terdapat nilai-nilai negatif yang harus kita hindari dalam perkembangan TIK ini.  

 

Layanan teknologi informasi dan komunikasi 

  1. Berfungsi sebagai alat untuk membantu mengatur kegiatan sehari-hari dengan menggunakan alat kalkulator.
  2. Berfungsi sebagai sumber pengetahuan (sains). Berfungsi sebagai sarana belajar dan bahan (pendidikan).

Manfaat Informasi dan Komunikasi 

  1. Informasi penting tersedia dengan cepat dan lebih banyak saat dibutuhkan, mudah diakses. 
  2. Pergi ke profesional atau ahli di bidangnya itu mudah meski terhalang jarak.
  3. Ada perpustakaan digital atau biasa disebut perpustakaan online. 
  4. Bisa chatting online.
  5. Materi e-learning baru menyederhanakan proses pembelajaran. 
  6. Panggilan konferensi tidak memerlukan pertemuan tatap muka di ruangan.
  7. Sebagai sistem manajemen Internet (komputer).

Nah, itulah tadi gambaran singkat terkait dengan teknologi dan komunikasi TIK. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting