10 Cara Pemakaian Supaya HP Vivo Tidak Lemot

 10 Cara Pemakaian yang Baik Supaya HP Vivo Tidak Lemot


10 Cara Pemakaian Supaya HP Vivo Tidak Lemot
 10 Cara Pemakaian Supaya HP Vivo Tidak Lemot



Hp yang lemot tentu menjadi nggak nyaman untuk digunakan karena membuat semua proses pemuatan data atau aplikasi menjadi lambat atau bahkan macet. Kondisi Hp yang lemot terjadi pada semua merk Hp termasuk juga Hp Vivo. Penyebab utama Hp jadi lemot memang dari segi bagaimana orang menggunakannya. 

Kamu yang tertarik untuk merawat Hp biar nggak mudah lemot bisa langsung cek 10 cara pemakaian yang baik supaya Hp Vivo tidak lemot di bawah ini!

 10 Cara Pemakaian Supaya HP Vivo Tidak Lemot

Berikut ini Cara pemakaian Supaya HP Vivo Tidak Lemot :

1. Nggak Menggunakan HP tanpa Jeda 

Cara pemakaian yang baik supaya Hp Vivo tidak lemot pertama yang bisa kamu lakukan adalah nggak menggunakan Hp tanpa jeda. Kebanyakan orang memang ketika sudah asik menggunakan Hp bakalan lupa waktu dan istirahat. Nggak hanya kamu saja yang membutuhkan istirahat namun Hp juga membutuhkannya. 

Dengan memberikan jeda pada penggunaan Hp tentu saja bakalan membuat Hpnya menjadi tetap prima kondisinya. Hp yang nggak diberikan kesempatan untuk istirahat bakalan membuat mesinnya cepat panas dan usang. Dampaknya tentu bakalan langsung menyerang pada sistem dan membuatnya menjadi mudah lemot. 


2. Jangan Lupa Optimalkan Fungsi CPU 

Cara kedua yang bisa kamu lakukan biar Hp Vivo nggak lemot adalah dengan mengoptimalkan fungsi CPU biar tetap maksimal hasilnya. Hp Vivo memiliki aplikasi yang namanya I Manager untuk membantu pengelolaan daya untuk meningkatkan kinerja dari CPU. Sehingga membuatnya nggak mudah lemot untuk digunakan. 

Nggak hanya membuat CPU menjadi cepat namun juga efek dari pengelolaan ini adalah konsumsi daya yang diberikan bakalan lebih besar. Hal ini membuatmu mendapatkan fungsi Hp yang lebih maksimal terlebih untukmu yang banyak menggunakan Hp untuk kebutuhan multitasking nantinya. 


3. Matikan Data Internet di Aplikasi yang Nggak Digunakan 

Banyak yang nggak tahu kalau data internet bisa dimatikan pada aplikasi khusus terlebih untuk aplikasi yang nggak digunakan. Efeknya bakalan membuat kinerja ponsel menjadi lebih lancar dan nggak mudah lemot dibandingkan dengan menghidupkan semua data internet untuk aplikasi yang menggunakannya. 

Alasannya adalah internet membutuhkan daya sehingga Hp harus bekerja keras dalam menyalurkan semua kebutuhan saluran internet pada aplikasinya. Jadi, ketika ada aplikasi yang dimatikan datanya maka kinerja dari ponsel juga bakalan berkurang dan nggak mudah lemot nantinya. 


4. Perbaharui Sistem dan Aplikasi dengan Rajin 

Cara keempat yang bisa kamu lakukan untuk menghindari Hp Vivo lemot adalah dengan memperbaharui sistem dan aplikasi dengan lebih rajin. Banyak orang menganggap bahwa dengan memperbaharui sistem dan aplikasi justru menambah memori dan membuat Hp jadi lemot padahal anggapan seperti ini jelas salah. 

Justru dengan membiarkan sistem dan aplikasi usang bakalan membuat kinerja ponsel menjadi lebih besar untuk membantu pemuatan dari aplikasinya. Jika sudah diperbaharui biasanya sistem dan aplikasi ini menjadi lebih enteng nantinya. Jadinya Hp nggak bakalan mudah lemot untuk digunakan. 


5. Jangan Gunakan Auto Sinkronisasi 

Cara kelima yang bisa dilakukan untuk membuat Hp Vivo nggak lemot saat digunakan adalah jangan gunakan auto sinkronisasi. Biasanya konsep auto sinkronisasi ini menghubungkan antara satu aplikasi dengan lainnya dan membuat semua data penting nggak bakalan mudah hilang begitu saja jadinya banyak orang yang sengaja mengaktifkannya. 

Secara umum auto sinkronisasi ini biasa digunakan untuk kebutuhan backup data aplikasi chatting. Namun tentu saja jika kamu memilih auto maka semua aplikasi bakalan langsung tersinkronisasi dan membuat Hp jadi lemot karena kapasitas memorinya banyak digunakan. Jadi, hanya hidupkan untuk kebutuhan aplikasi yang memang penting dan membutuhkan sinkronisasi saja. 


6. Matikan Notifikasi atau Pemberitahuan yang Nggak Digunakan 

Cara keenam yang bisa kamu gunakan untuk membuat Hp Vivo nggak lemot adalah dengan mematikan notifikasi atau pemberitahuan. Bagusnya saat ini kamu bisa mematikan pemberitahuan dari beberapa aplikasi yang nggak begitu penting sehingga notifikasinya nggak harus muncul otomatis. Notifikasi ini bisa muncul hanya dengan ketika kamu membuka aplikasinya. 

Kamu bisa langsung masuk menuju pengaturan kemudian cek bagian “kontrol notifikasi aplikasi” kemudian pilih aplikasi yang diinginkan untuk dimatikan atau dihidupkan notifikasinya. Pilah aplikasi yang memang benar-benar penting untuk dimunculkan notifikasinya. Alasannya adalah notifikasi ini bakalan konsumsi banyak daya yang membuat Hp jadinya lemot. 

    Baca Juga : cara menghilangkan iklan di hp oppo yang sering muncul

7. Hapus Rajin File atau Data yang Nggak Digunakan 

Cara ketujuh yang bisa kamu gunakan untuk membuat Hp Vivo nggak lemot adalah dengan lebih rajin menghapus file atau data yang memang sudah nggak digunakan. Kebanyakan orang memang malas untuk melakukannya sehingga banyak sekali menyimpan data maupun file yang sebenarnya nggak dibutuhkan. 

Jadi, untuk membuat Hp Vivo nggk lemot kamu perlu banget cek ke bagian pengaturan atau media kemudian pilih yang sekiranya nggak dibuka atau digunakan. Hal ini akan membantu mengurangi penyimpanan sehingga ponsel menjadi nggak lemot nantinya. 


8. Hapus Aplikasi yang Nggak Digunakan 

Cara kedelapan yang bisa kamu lakukan untuk membuat Hp Vivo nggak lemot adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang memang nggak digunakan. Banyak orang memang sengaja unduh atau install aplikasi dengan harapan bakalan berguna namun nyatanya yang dibuka hanya itu-itu saja sehingga bakalan membuat memori jadi penuh kalau dibiarkan. 

Jadi, cobalah untuk cek dan pilah aplikasi mana saja yang bakalan digunakan dan nggak digunakan sehingga lebih mudah untuk menghapus dan membuangnya. Kegiatan simpel ini akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih cepat dan tentunya anti lelet nantinya. 


9. Bersihkan Cache dan Sampah 

Cara kesembilan yang bisa kamu coba untuk membuat Hp Vivo nggak lemot saat digunakan adalah jangan lupa untuk lebih rajin dalam membersihkan cache atau sampah. Perlu dipahami setiap aplikasi memang bakalan membawa data dan sampah yang membutuhkan pembersihan dengan rajin biar nggak menumpuk. 

Cache ini kalau dibiarkan akan membuat penyimpanan menjadi penuh sehingga berdampak pada kinerja Hp Vivo yang menjadi lebih lemot nantinya. 


10. Reset Hp Vivo 

Cara selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk membuat Hp Vivo nggak lemot selanjutnya adalah dengan cara reset. Namun perlu dipahami kalau reset ini nggak boleh terlalu sering dilakukan dan hanya dilakukan ketika Hp memang membutuhkannya saja. Reset artinya adalah menghapus semua data termasuk aplikasi dan media yang ada di dalam Hpnya. 

Hal ini membuat kinerja Hp menjadi lebih ringan dan tentunya bakalan lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya. Cocok banget untuk mengatasi Hp Vivo yang lemotnya sudah kebangetan dan nggak ada waktu untuk memilah sampah atau cache jadinya lebih cepat langsung reset saja secara keseluruhan. 

    Baca Juga : cara menghidupkan hp yang mati total tanpa tombol power oppo

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai  10 Cara Pemakaian Supaya HP Vivo Tidak Lemot. 

Jangan lupa bagikan artikel terkait  10 Cara Pemakaian Supaya HP Vivo Tidak Lemot ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting