reboot and select proper boot device windows 10 laptop asus

reboot and select proper boot device windows 10 laptop asus


reboot and select proper boot device windows 10 laptop asus
reboot and select proper boot device windows 10 laptop asus


Cara mengatasi reboot and select proper boot device di Windows bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini. 

Saat kamu baru menggunakan laptop dan ingin kembali menyalakannya, maka akan muncul tulisan 'Reboot and Select Proper Boot Device' di layar. Tentunya, hal ini membuat penggunanya kebingungan dan panik. 

Sebelumnya, laptop masih berjalan dengan baik dan kini tidak lagi berfungsi. Sebenarnya, apa yang terjadi pada laptop kamu dan bagaimana cara mengatasinya?

Munculnya tulisan 'Reboot and Select Proper Boot Device' di layar laptop menunjukkan jika laptop tidak bisa menemukan sistem operasi yang sesuai. 

Lalu, bagaimana cara memperbaiki kesalahan reboot and select proper boot device di laptop Windows? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

reboot and select proper boot device windows 10 laptop asus

Berikut ini adalah tutorial cara mengatasi reboot and select proper boot device pada PC atau laptop:


1. Periksa Boot Drive

Hard disk yang tidak terdeteksi di BIOS komputer bisa menyebabkan masalah dan munculnya error 'Reboot and Select Proper Boot Device'. Untuk mengatasinya, kamu bisa cek di bawah ini:

Restart laptop atau PC, kemudian masuk ke BIOS komputer. Kamu bisa mencari tahu bagaimana cara masuk ke BIOS untuk merek PC atau laptop yang sedang digunakan. Misalnya, pada laptop ASUS bisa menekan tombol F2. 

Saat berada di menu utama BIOS, nantinya akan muncul daftar perangkat yang terdeteksi BIOS. Ketika hard disk tidak ada, maka bisa dipastikan masalah ini terjadi pada hard disk kamu. 

Lalu, matikan PC atau laptop dan periksa apakah sambungan hard disk ke motherboard berjalan dengan baik. Kamu bisa memindahkan hard disk ke slot lain atau mengganti kabel penghubungnya. 

Jika sudah, nyalakan lagi komputer dan masuk ke menu BIOS. Kemudian, lihat apakah hard disk sudah terdeteksi atau belum. Jika belum, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru. 

    Baca Juga : Ide Software Web Python Programing for Windows 7


2. Ubah Urutan Boot Drive di BIOS

Urutan boot drive yang tidak sesuai bisa menyebabkan error pada 'Reboot and Select Proper Boot Device'. 

Kamu bisa memeriksanya dan mengubah urutan tersebut melalui menu BIOS. Berikut adalah cara mengatasi reboot and select proper boot device Windows 10:

Cara mengatasi reboot and select proper boot device di laptop atau PC adalah mengubah urutan boot drive. Kamu bisa memeriksa dan mengubahnya melalui menu BIOS.

1. Buka Menu BIOS dengan Restart PC dan Laptop

Buka menu BIOS dengan cara restart komputer dan klik tombol di keyboard untuk masuk ke menu BIOS. Umumnya, kamu bisa menekan tombol F2. Namun, setiap merek PC atau laptop memiliki pengaturan tombol yang berbeda. Solusinya, kamu bisa cek melalui situs resmi mereka.

2. Lihat Daftar Urutan Boot

Setelah masuk ke menu BIOS, klik 'Setting' dan pilih 'Boot' atau 'Startup'. Kemudian, akan muncul daftar urutan boot.

3. Simpan Perubahan dan Restart Ulang Laptop

Jika hard disk tidak ada di dalam urutan pertama, segera ubah dengan cara menariknya ke atas. Pada BIOS model lama, kamu bisa menggunakan bantuan tombol panah di keyboard. Setelah itu, simpan perubahan dan restart ulang komputer kamu. Cek kembali apakah error tersebut masih muncul atau tidak. 

    Baca Juga : cara menghilangkan iklan di hp xiaomi secara permanen

3. Ubah Pengaturan Boot Legacy

Beberapa perangkat dilengkapi dengan fitur Boot Legacy atau model BIOS lama. Hal itu dapat menyebabkan masalah dan muncul notifikasi 'Reboot and Select Proper Boot Device' pada Windows. 

Setelah itu, kamu bisa melakukan cara mengatasi reboot and select proper boot device pada ASUS dan merek lainnya di bawah ini:

Masuk ke menu BIOS dengan cara restart komputer. Lalu, klik tombol untuk masuk ke menu BIOS. 

Telusuri semua tab di menu BIOS untuk menemukan opsi Boot Legacy. 

Setelah ditemukan, segera ubah pengaturannya. Jika sekarang posisinya aktif, maka nonaktifkan. Jika posisinya tidak aktif, maka ubah menjadi aktif. 

Simpan perubahan BIOS dan keluar dari menu BIOS. Selanjutnya, restart komputermu lagi. 

Itulah beberapa cara mengatasi reboot and select proper boot device di Windows yang bisa kamu lakukan. Jika masalah ini tidak kunjung teratasi, maka bawa laptop atau PC kamu ke service center untuk meminta bantuan lebih lanjut. reboot and select proper boot device windows 10 laptop asus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting