Cara Mengatasi dampak negatif internet bagi pelajar

Cara Mengatasi dampak negatif internet bagi pelajar



Cara Mengatasi dampak negatif internet bagi pelajar
Cara Mengatasi dampak negatif internet bagi pelajar



devilserisl.com - Tantangan dunia internet ini harus disadari semenjak kehadirannya. Orang tua perlu iaktif ikut serta, karena anak-anak memang mudah sekali terpapat hal-hal yang disebutkan di atas tadi.

Anak-anak memang belum memiliki kompetensi untuk menyarig apa-apa yang ditangkapnya dalam dunia internet. Mereka menganggap semua yang di internet adalah hal yang menarik.

Sebagai orang tua, kita tentu perlu memperhatikan usia anak. Maksuda dan tujuan kita tetap memberikan pengawasan dan pemahaman apa-apa yang ia dapat dan tidak dilakukan dengan internet.


1. Pelajari internet secara komprehensif.
Banyak dari orang tua, jika dibandingan dengan anak tidak lebih luwes menggunakan internet. Ya faktor umur dan kemauan sebetulnya jadi kunci. Namun, kita perlu mempelajari cara menggunakan internet dengan baik. Sebagai orang tua, kita bisa mengajarkan anak bagaimana cara menggunakan internet dengan baik sekaligus mengantisipasi dampak negatif internet.

Mulai dari pengaturan di browser, paparan iklan di aplikasi dan membatasi media sosial. Jangan sampai kita memberika suatu aplikasi yang kita sendiri tidak tahu cara penggunaanya dan dampak positif dan negatifnya untuk anak.

2. Jalin komunikasi yang baik dengan anak.
Bukan, bukan tips praktis yang lebih saya berikan di artikel ini. Ada pondasi penting yang harus kita tanamkan pada anak agar mereka dapat menjauh dari dampak negatif internet. Apalagi mereka sudah berprofesi sebagai pelajar. Milikilah kemampuan komunikais yang baik dengan anak. 

Jika anak merasa diterima oleh kita sebagai orang tua, mereka akan bercerita apa-apa saja yang mereka temui di dunia internet. Baik pengalaman yang menyenangkan ataupun tidak. Jadi kita harus memastikan untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan anak.

3. Tempatkan gawai di ruang tengah atau keluarga.
Mungkin ini agak sulit dilakukan, tapi hemat say aini saya membantu kita memantau anak. Terutama yang memiliki televisi dan tersambung internet yang tersambung tv langganan seperti IndiHome dari Telkom Group.

Sebisa mungkin hindari memberikan fasilitas gadget pribadi, baik itu komputer, laptop, atau tablet, yang dapat diakses dengan di kamar. Kita harus memberikan aturan penggunaan gawai-gawai tersebut dengan jelas. Baik durasi maupun apa saja yang diakses. Taruh gadget di ruang keluarga agar kita dapat memantau anak saat mengakses internet dan meminimalisir risiko mereka terpapar dampak negatif internet.


4. Gunakan pengaturan untuk menyaring konten tidak pantas.
Kini berbagai penyedia layanan internet ada yang sudah mengaktifkan pengaturan ini dari awal, walaupun tidak semua situs dewasa bisa tersaring.

Tapi kita masih bisa mengantisipasinya dengan memasang aplikasi parental control yang bisa diunduh di Google Play atau Apple App Store. Kita dapat menggunakan Kiddle, yakni layanan mesin pencari khusus untuk anak-anak yang dibuat oleh Google.

5. Awasi penggunaan internet secara berkala.
Lalai dan pengabaian adalah kunci masuknya hal negatif ke anak kita. Sebagai orang tua kita harus aktif bertanya, berdiskusi dan mengecek secara berkala. Jadilah orang tua yang tepat sesuai dengan usia anak kita apalagi anak usia pelajar yang kita tahu emosinya mulai menantang. Asah terus skill komunikasi kita agar bisa menjadi teman diskusi yang baik pada anak.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Cara Mengatasi dampak negatif internet bagi pelajar
Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting