Cara Mengatasi laptop hang layar hitam

Cara Mengatasi laptop hang layar hitam, Jangan Panik!!



Cara Mengatasi laptop hang layar hitam
Cara Mengatasi laptop hang layar hitam



devilserial.com - Black screen atau kondisi laptop dengan tampilan layar hitam polos merupakan salah satu masalah kerusakan laptop yang kerap kali dialami oleh para pengguna laptop. Penggunaan laptop yang sering ini dan luput dari perawatan bisa menyebabkan laptop menjadi mudah rusak.

Ada berbagai penyebab laptop black screen yang harus diwaspadai. Jika kamu mengalami masalah laptop black screen, kamu bisa menggunakan cara mengatasi laptop black screen berikut tanpa perlu menggunakan layanan service laptop. Langsung saja kenali beberapa penyebab laptop black screen dan cara mengatasi laptop black screen dengan mudah berikut ini sebagai penolong pertama kamu jika mengalami laptop black screen.

Penyebab Laptop Black Screen

Beberapa penyebab laptop black screen berikut bisa kamu pelajari untuk mencari solusi mengatasi laptop black screen atau sebagai bentuk pencegahan agar kamu bisa menghindari terjadinya laptop black screen.

Serangan Virus
Penyebab yang paling umum dari laptop black screen adalah virus. Malware atau virus biasanya akan muncul saat kamu melakukan pengunduhan file atau program melalui situs web berbahaya. Selain itu, serangan virus pun terjadi karena kamu membiarkan laptop digunakan untuk transfer data. Virus yang masuk ke dalam sistem laptop akan mempengaruhi kinerja laptop, sehingga efeknya bisa menyebabkan malfungsi dan laptop black screen.


Suhu Laptop Terlalu Panas atau Overheat
Penggunaan laptop yang terlalu lama membuat suhu di laptop menjadi lebih panas dan membuat computer fan bekerja menjadi lebih keras lagi. Ketika suhu di laptop sudah melampaui batasnya, laptop bisa menjadi terlalu panas dan bisa mengakibatkan laptop black screen. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat membersihkan kipas atau computer fan dan memastikan laptop berada di permukaan yang rata dan keras agar ventilasi berfungsi dengan baik.


Terdapat Aplikasi atau Program Bermasalah dan Tidak Kompatibel
Jika laptop black screen terjadi setelah penginstalan program atau aplikasi tertentu, penyebab laptop black screen mungkin ada pada program atau aplikasi yang kamu install. Kamu dapat melakukan pemeriksaan apakah aplikasi atau program yang kamu install kompatibel dengan laptop yang kamu gunakan atau tidak.


Gagal Menginstall atau Instalasi Windows Tertunda
Masalah umum lainnya yang menjadi penyebab laptop black screen adalah instalasi Windows yang gagal atau tertunda di laptop. Kegagalan penginstalan Windows dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, yaitu media yang rusak, masalah pada hard drive atau flash drive yang kamu gunakan, dan masalah pada proses penginstalan itu sendiri.

Biasanya, jika laptop black screen disebabkan oleh gagalnya atau tertundanya instalasi windows, kemungkinan besar laptop black screen terjadi saat pengguna mencoba membuka kunci laptop.

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Kamu tak perlu panik ketika laptop black screen secara tiba-tiba. Cobalah cara berikut untuk mengatasi laptop black screen:


Restart Laptop
Dalam kondisi laptop black screen atau layar hitam kosong, kamu tidak dapat mengakses menu administrator pada laptop untuk me-restart laptop. Agar dapat mengakses menu administrator untuk me-restart laptop milikmu, kamu bisa gunakan langkah berikut:

  • Klik shortcut “Ctrl+alt+delete”.
  • Pilih akun dan masuklah seperti biasa.
  • Klik pada ikon tombol power.
  • Pilih 'Restart' untuk me-restart laptop.


Gunakan Shortcut pada Keyboard ke Beranda Windows
Jika keadaan laptop black screen, kamu tentu tidak bisa mengakses windows pada layar laptop. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan shortcut untuk dapat mengakses windows pada laptop kamu. Caranya sangat mudah, kamu cukup tekan shortcut “Tombol logo windows+ctrl+shift+B”. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu layar laptop memproses untuk menampilkan beranda windows.


Gunakan Menu Task Manager
Solusi atau cara mengatasi laptop black screen secara tiba-tiba adalah dengan menggunakan Task Manager. Adapun langkah-langkah yang dapat kamu tempuh untuk mengatasi laptop black screen menggunakan task manager sangat sederhana. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini:


  • Pertama, nyalakan laptop milikmu. Jika laptop black screen atau layar laptop hitam kosong secara tiba-tiba, kamu bisa mencoba shortcut “Ctrl+Alt+Delete” atau Ctrl+Alt+Del
  • Selanjutnya akan muncul layar yang menampilkan berbagai opsi. Kamu dapat memilih opsi “Task Manager”
  • Kemudian pilih “Add New Task” dan ketik “explore.exe” pada kolom yang disediakan
  • Setelah itu, pilihlah “explore” dan laptop akan memulai proses secara otomatis, tunggu beberapa saat.
  • Setelah layar sudah muncul kembali, jangan langsung memaksa laptop untuk beroperasi. Diamkan laptop selama dua hingga lima menit untuk menyesuaikan diri.


Aktifkan Safe Mode pada Windows
Mengatasi laptop black screen dengan mengaktifkan safe mode pada windows memiliki penanganan yang berbeda-beda. Perhatikan langkah-langkah berikut untuk memudahkan kamu mengaktifkan safe mode pada windows saat laptop black screen.

Cara Mengaktifkan Safe Mode Pada Windows 10 dan 11
  • Matikan perangkat dengan menekan dan menahan tombol power selama hingga 10 menit
  • Tekan kembali tombol power untuk menghidupkan laptop
  • Tunggu hingga tanda boot muncul di laptop
  • Matikan laptop dengan menekan dan menahan tombol power selama 10 detik
  • Tekan tombol daya lagi untuk menghidupkan perangkat
  • Saat sedang loading, tekan kembali tombol power selama 10 detik untuk mematikan perangkat
  •  Tekan tombol power lagi untuk menghidupkan perangkat
  • Berikan izin untuk mem-boot ulang perangkat
  • Pilih 'Advanced' atau Opsi lanjutan dan buka winRE atau Windows Recovery Environment
  • Selanjutnya, pilih opsi “Troubleshoot”
  • Masuk ke “Advance Option” > “Startup Setting” > Restart
  • Saat perangkat dinyalakan ulang, laptop akan menampilkan daftar opsi. Pilih opsi kelima dari daftar atau tekan F5 untuk masuk ke Safe Mode with Networking.

Atur Ulang BIOS Ke Pengaturan Default
Basic Input/Output System atau BIOS adalah program yang digunakan oleh mikroprosesor komputer untuk mem-boot perangkat setelah dinyalakan. Alat ini mengatur aliran data antar sistem operasi perangkat agar dapat berfungsi secara optimal.

Jika kamu mengalami laptop dengan layar hitam tiba-tiba atau laptop black screen, solusinya mungkin mencoba mengatur ulang pengaturan BIOS ke default. Tergantung pada perangkatnya, kamu dapat mengaksesnya melalui tombol BIOS (F1, F2, F10, F12,  atau DEL). Kemudian pilih opsi load setup default untuk pengaturan unduhan.


Instal Ulang Windows
Cara lain untuk mengatasi laptop black screen, yakni menginstal ulang Windows. Cara ini dilakukan untuk memperbaiki laptop. Sebelum melakukan instal ulang windows pada laptop, kamu harus menyimpan dan mengamankan semua data penting yang kamu miliki dan kamu simpan di laptop sebab seluruh data akan hilang bila tidak diamankan terlebih dahulu.


Downgrade Atau Perbarui Driver
Layar hitam pada layar laptop atau laptop black screen juga bisa terjadi karena driver yang sudah ketinggalan zaman dan sangat memperlambat perangkat. Jika demikian, kamu  harus memperbarui atau malah membatalkan pembaruan driver pada laptop kamu. Langsung saja simak penjelasan berikut untuk mengetahui caranya:


Nyalakan ulang perangkat dalam Safe Mode
  • Temukan dan buka menu “Device Manager” di taskbar
  • Klik dua kali pada “Display adapters”
  • Klik kanan dan pilih menu “Properties”.
  • Pada bagian “Driver” > “Roll Back Driver”
  • Kemudian pilih 'Previous version of the driver was more performance' atau alasan terkait lainnya
  • Klik “Yes”
  • Setelah itu, restart
Jika masalah laptop black screen berlanjut, langkah selanjutnya dengan mencoba memperbarui, menonaktifkan, atau menghapus  driver secara bersamaan.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Cara Mengatasi laptop hang layar hitam
Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting