Penyebab Hp tiba tiba mati dan cara mengatasinya

Penyebab Hp tiba tiba mati dan cara mengatasinya


Penyebab Hp tiba tiba mati dan cara mengatasinya
Penyebab Hp tiba tiba mati dan cara mengatasinya


Kondisi hp atau smartphone yang tiba-tiba mati sendiri memang sering kali menjengkelkan. Selain jadi tidak berfungsi, keadaan hp yang mati juga bisa menghambat pekerjaan.

Penyebab hp mati sendiri bisa bermacam-macam. Namun kondisi tersebut masih dapat diatasi dengan berbagai cara.

Secara umum, penyebab hp bisa mati sendiri karena dua faktor, yaitu software yaitu masalah pada perangkat lunak atau hardware berarti perangkat keras.

Dirangkum dari berbagai sumber, penyebab hp tiba-tiba mati sendiri bisa dipengaruhi oleh kondisi berikut.

Penyebab Hp tiba tiba mati dan cara mengatasinya

1. Kondisi hp rusak

Hp yang menunjukkan tanda-tanda rusak seperti layar bergaris, aplikasi sering crash, baterai cepat habis, atau performanya melambat, sebaiknya jangan diabaikan.

Apabila kondisi hp yang mulai rusak dibiarkan begitu saja, dampaknya bisa menyebabkan sering mati sendiri secara tiba-tiba, karena sistemnya mengalami masalah.


2. Baterai rusak

Baterai adalah salah satu bagian terpenting dalam hp. Ketika performa baterai sudah tidak maksimal, hal ini dapat memicu perangkat jadi mati sendiri.

Selain itu, baterai hp rusak ditandai dengan daya yang lebih cepat habis, bahkan tidak sampai satu hari meski sudah dicas penuh hingga 90 persen.


3. CPU hp overheat

Penyebab hp mati sendiri yaitu karena CPU mengalami overheat. CPU ini bisa dikatakan sebagai 'otak' dari hp supaya dapat beroperasi menjalankan berbagai aplikasi.

Apabila CPU hp dipaksa bekerja terlalu keras, bahkan sampai waktu cukup lama, dampaknya membuat performa hp rentan mati sendiri.


4. Cache menumpuk

Cache adalah file sampah di hp yang biasanya dibiarkan begitu saja sampai menumpuk. Semakin sering Anda menggunakan hp, maka cache ini akan jadi lebih banyak.

Cache yang jarang dibersihkan sangat berpengaruh terhadap fungsi hp. Seperti sering mati mendadak, hingga aplikasi sering crash saat sedang digunakan.


5. Sistem operasi hp yang error

Sistem operasi atau operating system (OS) error termasuk salah satu penyebab hp mati sendiri. Kondisi tersebut umumnya karena pengaruh sistem OS di hp yang masih lawas.

Kerusakan atau error pada sistem operasi di hp, seringkali disebabkan oleh kemunculan bug dan virus.


6. Mengalami bug pada firmware

Bug pada firmware memang cukup berisiko pada performa hp. Selain jadi sering mati sendiri, sistem hp akan bekerja lebih lambat.

Tak hanya itu, sistem operasi hp memungkinkan tidak stabil sehingga mempengaruhi daya baterai jadi cepat habis.


7. Mengaktifkan jadwal on-off otomatis

Selain karena error atau kerusakan internal, penyebab hp mati sendiri bisa karena mengaktifkan sistem on-off otomatis.

Cek kembali ke pengaturan hp, apakah pengaturan jadwal daya hidup dan mati ini aktif atau tidak. Jika aktif bisa Anda nonaktifkan segera.

        Baca Juga : cara mengatasi reboot and select proper boot device pada komputer

Cara Mengatasi Hp yang Mati Sendiri

Terlepas dari apa pun penyebabnya, hp yang sering tiba-tiba mati sendiri dapat diatasi dengan langkah berikut.


· Restart hp

Cara paling mudah untuk mengatasi hp mati sendiri yaitu melakukan restart. Restart ini adalah penyegaran sistem supaya performa hp jadi lebih maksimal.

Saat Anda melakukan restart hp, seluruh file sampah yang tidak dipakai akan terhapus sehingga sistem hp akan lebih fresh untuk digunakan kembali secara optimal.


· Hubungi customer service

Apabila cara pertama belum berhasil, alternatifnya bisa menghubungi customer service sesuai merek hp yang digunakan.

Melalui layanan customer service, Anda bisa menyampaikan keluhan yang terjadi pada hp. Biasanya pemilik hp akan diminta datang ke service center terdekat.


· Reset hp

Penyebab hp mati sendiri bisa karena sistem internalnya bermasalah. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda melakukan reset ulang hp supaya kembali ke pengaturan awal dari pabrik.

Akan tetapi, proses reset ini akan menghapus seluruh data-data di hp. Termasuk aplikasi, file foto, video, hingga kontak telepon.

            Baca Juga : 15 Rekomendasi Handphone Terbaik untuk Content Creator 2024

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Penyebab Hp tiba tiba mati dan cara mengatasinya

Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting