Wifi connect tapi tidak bisa browsing di laptop

Cara Mengatasi WiFi yang Terhubung  laptop Tapi Tidak Bisa Akses Internet



Wifi connect tapi tidak bisa browsing di laptop
Wifi connect tapi tidak bisa browsing di laptop


Kamu pasti pernah mengalami kejadian dimana laptop kamu telah terhubung ke jaringan WiFi, namun ketika ingin dipakai untuk  browsing  di Internet tidak bisa. Hal ini memang sering terjadi. Penyebabnya pun beragam, mulai dari WiFi yang sedang dalam keadaan  berwarna abu-abu  atau  dinonaktifkan , gagal  routing  ke  gateway , hingga  infeksi malware .

Kamu tidak perlu khawatir ketika membahas masalah seperti ini ya. Karena artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi WiFi yang sudah terhubung tetapi tidak bisa mengakses Internet. Simak penjelasannya berikut ini!

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Wifi connect tapi tidak bisa browsing di laptop, yaitu:

Wifi connect tapi tidak bisa browsing di laptop

1. Mulai ulang Router, Modem, atau Router Nirkabel

Yang paling sering dilakukan sebagai cara untuk mengatasi masalah ini adalah  restart router . Matikan  router  dan modem kamu langsung dari saklar utamanya. Tunggu sekitar 30 detik untuk menyalakannya kembali. Setelah menyalakan kembali  router , tunggu hingga lampu DSL stabil.

Pilihan lainnya, kamu bisa melakukan  reboot router  melalui  browser . Ketik 192.168.0.1/192.168.1.1 pada  tab browser -mu dan tekan enter. Masukkan  username  “Admin” dan  password  “Admin” pada halaman  login  jika belum memiliki sendiri. Pilih System Tools  →   Reboot menggunakan menu sebelah kiri dan klik Reboot. Tunggu beberapa saat hingga proses  reboot  selesai.


2. Memperbarui Driver Adaptor WiFi

Bisa jadi masalah laptop yang tidak bisa digunakan untuk browsing  meski sudah terhubung dengan Internet disebabkan oleh  driver  WiFi yang  ketinggalan jaman . Masalah ini biasanya ditandai dengan laptop/PC yang error, namun Internet tetap berjalan dengan baik di perangkat lainnya.

Cara mengatasi WiFi terhubung tetapi tidak bisa mengakses Internet khususnya pada PC adalah dengan klik kanan pada My Computer  → Properties Option → Adapter Jaringan →  klik kanan  driver adapter  WiFi dan pilih Update Driver Software.

        Baca Juga : 10 Rumus Word Paling Sering Dipakai di Dunia Kerja

3. Ganti DNS dengan Google Public DNS

Masalah yang satu ini juga bisa diatasi dengan mengganti DNS menjadi DNS Google Public. Caranya, buka jaringan dan pusat berbagi, cari Panel Control dan pilih Jaringan dan Internet.

Klik nama WiFi yang terhubung untuk membuka jendela informasinya. Pilih Properties untuk memilih TCP/IPV4 dan lanjutkan dengan klik Properties. Pilih “gunakan alamat DNS berikut” pada jendela properti IPV4 dan ketik alamat Google. Akhiri dengan memilih OK di jendela yang terbuka. Lakukan proses yang sama untuk IPV6. Hidupkan kembali modem kamu dan periksa jaringan Internetnya.


4. Nyalakan Mode Pesawat

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyalakan mode pesawat lalu mematikannya beberapa saat kemudian. Hal ini bisa dicoba pada PC maupun smartphone  kamu. Pada  smartphone , hal ini efektif untuk mengembalikan akses Internet, baik dari WiFi maupun  hotspot  pribadi.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Wifi connect tapi tidak bisa browsing di laptop
Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting