10 Rumus Word Paling Sering Dipakai di Dunia Kerja

10 Rumus Word Paling Sering Dipakai di Dunia Kerja



10 Rumus Word Paling Sering Dipakai di Dunia Kerja
10 Rumus Word Paling Sering Dipakai di Dunia Kerja


devilserial.com - Banyak yang mengandalkan Microsoft Word untuk mempermudah pekerjaan. Tak sedikit pula yang menggunakan beberapa rumus untuk meningkatkan produktivitas dengan menggunakan Word.
Rumus-rumus itu hanya memerlukan beberapa klik dalam tombol keyboard. Jika belum mengetahuinya, Anda perlu mencatat 10 rumus Word berikut.

Ini daftar 10 rumus Microsoft Word yang sering digunakan:

1. CTRL+C, CTRL+X, CTRL+V
Rumus berikut digunakan untuk melakukan copy, cut dan paste kata, kalimat, hingga satu paragraf. Ini akan lebih memudahkan dibandingkan harus menggunakan menu klik kanan.

CTRL+C digunakan untuk mengcopy teks, sementara cut atau memindahkan semua teks dengan rumus CTRL+X. Terakhir CTRL+V jika Anda ingin paste kata-kata tersebut.

2. CTRL+Z, CTRL+Y
Dua rumus ini untuk kembali sebelum dan sesudah perubahan yang dilakukan. Misalnya menuliskan sesuatu, menghapus atau menggunakan format tertentu.

CTRL+Z untuk rumus perintah undo. Sementara jika Anda ingin melakukan redo digunakan untuk CTRL+Y.

3. CTRL+A
Gunakan kedua tombol ini untuk memblok seluruh teks pada dokumen. Anda akan menghemat waktu menggunakan rumus CTRL+A dibandingkan memilih seluruh teks dengan menahan mouse dan menggerakannya secara manual.

4. CTRL+S
Anda juga bisa menyimpan (save) dokumen dengan lebih cepat. Gunakan rumus CTRL+S untuk melakukan perintah tersebut.

5. CTRL+F
Word juga menyediakan boks pencarian kata atau informasi tertentu dalam dokumen. Untuk memunculkannya klik CTRL+F, dan isi kata yang ingin dicari pada boks tersebut.

6. CTRL+B, CTRL+I, CTRL+U
Ketiga rumus ini digunakan untuk melakukan format pada teks. Misalnya CTRL+B untuk membuat teks menjadi bold, CTRL+I untuk teks menjadi miring atau italic, dan CTRL+U menambahkan garis di bawah teks.
Anda bisa menggunakannya dengan memblok atau hanya menempatkan kursor pada teks tertentu.

7. CTRL+L, CTRL+E, CTRL+R
Semua rumus ini bisa Anda gunakan untuk meratakan teks tertentu, baik ke sebelah kiri halaman pada Word, tengah maupun rata kanan. CTRL+L untuk rata kiri, CTRL+E untuk rata tengah, dan rata kanan dengan CTRL+R.

Anda bisa menggunakan untuk satu halaman penuh dengan memblok seluruh teksnya. Selain itu juga dapat dilakukan pada paragraf tertentu dengan memblok atau menempatkan kursor di bagian tertentu lalu klik salah satu rumusnya.

8. CTRL+K
Word memiliki fitur untuk menambahkan hyperlink pada dokumen yang dibuat. Untuk menyingkat waktu, Anda bisa menggunakan rumus CTRL+K.

9. CTRL+P
Jika Anda ingin mencetak dokumen, bisa menggunakan CTRL+P. Rumus ini akan membuat jendela print.
Selain mencetak, di sana juga akan muncul fitur untuk mengatur atau mengubah settingan. Pada window tersebut juga akan diperlihatkan preview dokumen saat dicetak.

10. ALT+CTRL+1, ALT+CTRL+2, ALT+CTRL+3
Anda dapat menambahkan heading dan subheading dengan ketiga shortcut ini. Mulai dari heading 1 (ALT+CTRL+1), heading 2 (ALT+CTRL+2), dan seterusnya.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai 10 Rumus Word Paling Sering Dipakai di Dunia Kerja
Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting