Hubungan Antara Manusia dan Teknologi

Berbicara mengenai ilmu pengetahuan dan tekhnologi agaknya tidak bisa terlepas dari unsur manusia di dalamnya, karena seperti apa yang kita pahami bahwa manusia merupakan makhluk yang berpengetahuan dan maakhluk yang dengan luar biasanya mampu menciptakan sekaligus mengembangkan tekhnologinya.

Manusia merupakan mahluk sosial, individu luar biasa yang selalu mengembangakan dirinya melalui proses akal budinya. …(Definisi manusia),

Peradaban manusia, bergerak dengan logikanya sendiri, membentuk bangunan alur sejarah yang berkorelasi dengan kepentingan manusia dan kemanusiaan. Bila di awal-awal perkembangannya ia bergerak secara perlahan dan lancar seiring dengan ritme kebutuhan manusia yang masih terkungkung oleh mitologi, akan tetapi secara perlahan kemudian memperlihatkan akselerasinya setelah tersentuh oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan oleh komponen-komponen modernitas.

Modernitas yang dialami oleh manusia dewasa ini didukung oleh semangat Renaissance dan Aufklärung, Nilai-nilai dasar yang terbangun oleh zaman Renaissance adalah cita-cita untuk melahirkan kembali manusia yang bebas, yang telah dibelenggu oleh zaman abad tengah yang dikuasai oleh Gereja atau agama. Manusia bebas ala Renaissance adalah manusia yang tidak mau lagi terikat oleh orotitas (tradisi, sistem gereja, dan lain sebagainya), kecuali otoritas yang ada pada masing-masing diri pribadi. Manusia bebas ala Renaissance itu kemudian “didewasakan” oleh zaman Aufklärung, yang ternyata telah melahirkan sikap mental menusia yang percaya akan kemampuan diri sendiri atas dasar rasionalitas, dan sangat optimis untuk dapat menguasai masa depannya, sehingga manusia (Barat) menjadi kreatif dan inovatif. (KoentoWibisono, Dampak Teknologi Terhadap Kebudayaan, dalam Karim, Rusli, M. & Ridjal Fauzi (Ed.). Dinamika Ekonomi dan Iptek dalam Pembangunan. Yogyakarta : Tiara Wacana, 1992, hal. 104.)

Semangat Renaissance dan Aufklärung  berdampak kepada meningkatnya daya dorong yang mempengaruhi perkembangan ilmu dan teknologi yaitu pandangan untuk menguasai alam. Tiada hari tanpa hasil kreasi dan inovasi. Semenjak itulah dunia Barat telah melakukan tinggal landas memenuhi atmosphir ilmu pengetahuan yang tiada bertepi untuk menaklukkan dan menguasai alam demi kepentingan “kesejahteraan hidupnya”. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting