5 Jenis Prosesor Terbaik Laptop dan Tips Memilihnya

Penjelasan Lengkap Jenis dan Cara Memilih Prosesor Laptop Terbaik!

Tugas penting dalam membeli gadget adalah menentukan jenis prosesor laptop. Setiap prosesor memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Pemilihan prosesor yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda lebih mudah jika Anda memahami berbagai jenisnya. 

5 Jenis - Jenis Prosesor Laptop
5 Jenis - Jenis Prosesor Laptop

Anda penasaran dengan apa saja jenis-jenis prosesor laptop? Kemudian, bagaimana tips memilih prosesor yang tepat? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!


Apa Saja Jenis Prosesor?

Banyak sekali jenis prosesor di dunia yang digunakan pada perangkat laptop atau PC. Berikut ini adalah beberapa list-nya.

1. Intel
Intel merupakan jenis prosesor yang paling populer dan mendominasi di pasaran saat ini. Intel dikenal sebagai prosesor yang tahan panas dan memiliki grafis multimedia yang apik. Sebagian prosesor Intel juga dilengkapi dengan teknologi Hyper Threading untuk mempertajam gambar, sehingga cocok bagi Anda yang merupakan seorang pekerja kreatif. 

2. Advanced Micro Devices (AMD)
AMD adalah pesaing berat dari Intel. Prosesor AMD memiliki grafis yang sangat bagus untuk bermain game. Tidak heran jika prosesor AMD lebih banyak disukai oleh gamers. Namun, prosesor AMD ini juga dikenal sebagai prosesor yang cepat panas dan boros daya.

3. Transmeta
Prosesor Transmeta memiliki keunggulan tahan panas saat digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, Transmeta dikenal memiliki daya konsumsi listrik yang rendah daripada jenis prosesor lainnya. Sayang sekali, prosesor Transmeta saat ini sudah tidak dikembangkan lagi.

4. Prosesor Apple
Prosesor Apple dikenal memiliki performa yang ngebut meskipun ukuran RAM yang digunakan kecil. Beberapa jenis prosesor keluaran Apple Inc. diantaranya adalah Apple DOS, Macintosh, Apple I dan Apple II.

5. Cyrix
Cyrix adalah jenis prosesor yang bisa menyaingi Intel dan AMD lantaran memiliki kecepatan pemrosesan data mumpuni. Meskipun begitu, prosesor Cyrix masih kalah populer daripada Intel dan AMD.


Apa Saja Jenis Prosesor Intel?

Sebagai produsen yang sudah lama berdiri, Intel memiliki banyak sekali jenis prosesor. Anda Anda akan bingung apa saja jenis-jenis prosesor Intel tersebut, apalagi masih awam di dunia komputer. Maka dari itu, simak ulasannya berikut ini agar Anda lebih paham.

1. Intel Atom
Atom adalah jenis prosesor Intel yang digunakan untuk perangkat smartphone, notebook, MID dan juga Ultra-Mobile. Atom juga merupakan jenis prosesor yang hemat daya dan lebih mementingkan masa pakai baterai. Namun, kecepatan proses data prosesor Atom tergolong kecil, yaitu hanya 1.6 Ghz dengan jumlah pinnya 473.
Kecepatan proses data tersebut menghasilkan nilai benchmark yang lebih kecil daripada prosesor Intel untuk laptop atau komputer.

2. Intel Celeron
Intel Celeron merupakan prosesor tingkat dasar yang bersifat single core atau hanya memiliki satu inti saja. Prosesor ini biasanya digunakan untuk mengolah website dan melakukan komputasi dasar pada laptop atau PC. 

Celeron awalnya hanya memiliki satu varian saja. Dalam proses pengembangannya, terdapat versi lain dari Intel Celeron yaitu Celeron D saat ini.

Prosesor ini cocok bagi Anda yang hanya menggunakan laptop atau PC untuk kegiatan yang ringan seperti browsing, mengetik ataupun mengolah data Excel.

 

3. Intel Pentium
Pentium adalah jenis prosesor Intel yang paling banyak memiliki varian. Jenis prosesor Pentium ini ada yang menggunakan CPU register 32-bit dan juga CPU register 64-bit. 
Pentium yang menggunakan CPU register 32-bit adalah Pentium, Pentium Pro, Pentium II, Pentium III, dan Pentium IV. Sedangkan Pentium yang menggunakan CPU register 64-bit adalah Pentium D dan Pentium Extreme.
Khusus Pentium Extreme, selain menggunakan CPU register 32-bit, terdapat juga opsi untuk CPU 64-bit. Pentium Extreme merupakan generasi terakhir dari Intel Pentium saat ini yang biasa digunakan untuk laptop gaming atau komputer server. 

4. Intel Core i3
Intel Core i3 dirilis bersamaan dengan Intel Core i5 dan i7. Core i3 merupakan prosesor entry level dengan dual core dan terdiri dari dua pilihan CPU register yaitu 32-bit dan 64-bit. Core i3 termasuk jenis prosesor hemat daya yang hanya membutuhkan daya sebesar 35 watt. Intel Core i3 cukup bisa diandalkan untuk kegiatan multitasking yang tidak begitu banyak.
Intel Core i3 ini bisa digunakan untuk mengoperasikan software Microsoft Office dan cukup lancar untuk menjalankan game yang tidak terlalu berat.

5. Intel Core i5
Intel Core i5 adalah varian tengah dari seri Intel Core yang dirilis tahun 2008. Sama seperti seri sebelumnya, i5 juga terdapat pilihan CPU 32-bit dan 64-bit. Namun, seri i5 memiliki dua pilihan, yaitu dual core dan quad core.
Varian dual core i5 dilengkapi dengan teknologi Hyper Threading yang bisa menampilkan gambar dengan baik, sedangkan varian quad core memiliki fitur unlock yang bisa di-overclock untuk meningkatkan kinerjanya. Intel Core i5 bisa diandalkan untuk melakukan aktivitas yang lumayan banyak secara bersamaan.

6. Intel Core i7
Intel core i7 memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari dua Intel Core sebelumnya. Core i7 dikembangkan menggunakan  Nehalem Mikroarsitektur, yaitu transistor bermaterial hafnium dioxide dan juga gate bermetal dengan fabrikasi 45nm. Prosesor ini memiliki performa yang lebih baik dari i3 dan i5.
Prosesor Intel Core i7 mampu mengoperasikan software animasi, desain grafis, 3D rendering, dan juga menjalankan game berat dengan lancar.

7. Intel Core i9
Prosesor Intel Core i9 adalah salah satu prosesor laptop terbaik dan merupakan versi mutakhir dari seri Intel core yang dirilis pada tahun 2017. Performa prosesor ini tentu lebih canggih dan lebih baik dari pendahulunya.


Core i9 dilengkapi teknologi turbo boost pada setiap chipnya yang bisa meningkatkan kinerja laptop dengan cara menaikkan frekuensi dalam core secara otomatis. Selain itu, Core i9 juga membuat kerja baterai menjadi lebih optimal.
Prosesor i9 sangat cocok bagi Anda yang sering bermain game berat sambil melakukan streaming atau merekam video secara bersamaan.

Apa Saja Jenis Processor AMD?

Selain dari Intel, AMD juga menawarkan berbagai jenis prosesor untuk laptop yang memiliki keunggulan di berbagai aspek tertentu. Berikut adalah beberapa pilihan prosesor laptop terbaik dari AMD yang dapat Anda pertimbangkan:

1. AMD Ryzen Threadripper Pro
AMD Ryzen Threadripper Pro masih memimpin sebagai prosesor laptop terbaik dari AMD. Diperkenalkan pertama kali di CES 2020, prosesor ini diakui sebagai yang tercepat dalam seri tersebut. Memiliki 128 thread dan 64 core, dengan base clock 2.7 GHz dan boost clock hingga 4.2 GHz.

2. AMD Orochi Bulldozer
Dengan kecepatan 3.6 hingga 4.2 GHz, AMD Orochi Bulldozer menyajikan spesifikasi tinggi dalam kelasnya. Tersedia dalam 3 varian core: 4 core (FX4000), 6 core (FX6000), dan 8 core (FX8000). Cocok untuk laptop berkinerja tinggi yang ditujukan untuk tugas berat.

3. AMD 64 V2 Dual Core
Prosesor laptop terbaik dari AMD ini mendukung 64 bit dan cocok untuk kegiatan multimedia tingkat tinggi. Sebagai pesaing kuat di kelasnya, AMD 64 V2 Dual Core dapat bersaing dengan prosesor Intel sejajar.

4. AMD Ryzen 9 5950X
AMD Ryzen 9 5950X merupakan salah satu prosesor terbaik untuk PC/laptop yang patut dipertimbangkan. Dengan 16 core dan 32 thread, prosesor ini menggunakan topologi 2 CCD + 1 IOD.

5. AMD Ryzen 7 3700X Matisse AM4
Seiring dengan kemajuan teknologi digital, permintaan untuk mengedit foto dan video semakin meningkat. Biasanya, kebutuhan ini melibatkan aktivitas seperti hiburan, pekerjaan, kegiatan komersil, dan lainnya. AMD Ryzen 7 3700X Matisse AM4 cocok untuk memenuhi kebutuhan tersebut.


Bagaimana Cara Memilih Prosesor Laptop?

Berikut ini kami sajikan beberapa tips memilih prosesor yang tepat agar Anda tidak salah dalam membeli laptop.

1. Tentukan Kebutuhan

Tentukan kira-kira laptop tersebut akan digunakan untuk keperluan apa. Apakah untuk gaming, desain atau hanya sekadar untuk kerja kantoran biasa. Setelah mengetahui kebutuhannya, Anda akan lebih mudah dalam memilih laptop yang paling sesuai.

2. Tentukan Jenis Prosesor yang Diinginkan
Jenis prosesor yang saat ini paling banyak beredar di pasaran adalah Intel dan AMD. Jadi, dalam memilih jenis prosesor yang diinginkan Anda bisa mempertimbangkan dua jenis prosesor tersebut karena kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

3. Lihat Generasi dan Core Prosesor
Setiap prosesor memiliki generasi dan jumlah core yang berbeda. Pilihlah prosesor dengan generasi terbaru dan jumlah core paling banyak agar kinerja laptop Anda dapat maksimal.

4. Daya yang Digunakan
Pilihlah prosesor dengan jumlah daya yang rendah agar baterai laptop bisa tahan lama dan juga hemat listrik.

5. Sesuaikan Budget
Terakhir tentu saja Anda harus sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Pilihlah laptop dengan prosesor terbaik tetapi tetap terjangkau oleh Anda.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai 5 Jenis - Jenis Prosesor Laptop
Jangan lupa bagikan artikel terkait jenis prosesor laptop ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting