15 alat komunikasi modern dan fungsinya

15 alat komunikasi modern dan fungsinya




15 alat komunikasi modern dan fungsinya
15 alat komunikasi modern dan fungsinya


devilserial.com - bisa dibagi berdasarkan pada zaman penggunaannya, yaitu alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern. Alat komunikasi merupakan sarana penting untuk menunjang kelancaran aktivitas sehari-hari.

Sejak zaman dahulu sampai sekarang, ada macam-macam alat komunikasi yang digunakan. Mulai dari alat komunikasi tradisional yang masih menggunakan cara-cara konvensional, hingga alat komunikasi berteknologi modern yang mampu digunakan secara global.

Dengan perkembangan jaman yang terjadi tentu saja sebuah transformasi dari jenis alat komunikasi terus mengalami perubahan. Perbedaan antara alat komunikasi tradisional dan modern sangat besar. Jika jaman dahulu proses komunikasi masih dilakukan dengan penuh keterbatasan, maka kini proses komunikasi jauh lebih advance karena sudah bisa menjangkau seluruh dunia.

Penasaran apa saja alat komunikasi jaman dulu maupun yang terkini. Berikut ini macam-macam alat komunikasi modern yang telah dirangkum dari berbagai sumber :

15 Macam Macam Alat Komunikasi Modern yang Pernah Ada, Begini Perkembangannya

Alat komunikasi tradisional adalah alat komunikasi yang tidak menggunakan listrik atau pun jaringan sinyal. Alat ini mengandalkan suara, tenaga makhluk hidup, dan juga tulisan sebagai perantara. Cara kerja alat komunikasi tradisional sangat sederhana. Untuk bisa menyampaikan pesan, alat komunikasi tradisional menggunakan cara-cara manual, seperti media tulis, orang atau hewan untuk mengantar pesan, dan sebagainya. 

Berikut ini adalah macam-macam alat komunikasi Modern dalam kehidupan :

1.Alat komunikasi Telepon
Telepon termasuk alat komunikasi yang di golongkan modern.Karena sudah menggunakan teknologi yang cukup canggih. Antar kota, antar negara sudah bisa saling berkomunikasi dengan melalui telepon dengan cepat.

2.HandPhone atau Telepon genggam
Handphone atau telepon genggam adalah sebuah terobosan dalamkomunikasi masyarakat modern. Di mana orang bisa saling berkomunikasi di mana saja, asal adasinyal yang bisa menghubungkan. Saat ini sudah banyak merek-merek terkenal yang memproduksihandpohe, karena memang pasarnya terus berkembang.

3.Media massa yang bernama Koran
Media yang satu ini menjadi media atau alat komunikasimodern yang punya kegunaan sebagai alat komunikasi, penyampaian pesan atau iklan sebuah usahaatau perusahaan. Selain itu koran selalu memberitakan informasi atau kejadian yang berhubungandengan sosial, budaya, hukum, politik, teknologi dan masih banyak lagi.Seiring dengan berkembangnya teknologi, peran koran bukan lagi hanya di baca dalam bentuk cetak.Kini koran versi digital sudah banyak di temukan di internet.

4.Televisi
Televisi (TV) menjadi media komunikasi modern yang
sekarang hampir setiap rumah memiliki “kotak ajaib” tersebut. Dengan adanya TV, banyak orang bisa
mengetahui informasi berita dan bisa menonoton tayangan lain yang memberikan aspek edukasi atauhiburan.TV juga sebagai sarana membangun kebersamaan antar keluarga di rumah.

5. LCD Proyektor
Alat ini mempunyai kegunaan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan atau pesan yang biasa di pakaidi sekolah, kampus atau dalam acara seminat atau training. Biasanya alat ini bisa terhubung denganPC atau laptop. Kehadiran alat menjadikan pesan yang di sampaikan menjadi efektif dan mudah dimengerti oleh peserta atau murid di sekolah.

6. PDA
PDA atau Personal Digital Assistant adalah sebuah alat yang bisamembantu manusia dalam menyelesaikan tugasnya. Banyak data yang penting bisa di simpan dalamPDA. Fungsi PDA hampir sama dengan komputer atau laptop, hanya saja PDA lebih kecil ukurannya.

7. Faksimili
Dengan mesin Faksimili, maka pesan dalam bentuk kertasakan bisa sampai kepada tujuan. Alat komunikasi ini sebagai alat yang banyak di gunakan di perkantoran atau sekolah.

8. Radio
Selain televisi, ada radio yang berfungsi sebagai alatkomunikasi yang hanya terdengar suara saja. Banyak siaran radio yang bisa di nikmati oleh manusia, biasanya radio menyajikan informasi berita, musik, diskusi yang bisa di dengar saja.

9. Komputer/ Laptop/ Tablet
Komputer/ Laptop/ Tablet telah memberikan warna baru bagidunia telekomunikasi. Dengan alat tersebut banyak hal yang bisa dikerjakan, dari mulai menulis,menggambar, membuat video dan yang lain. Dari sisi hiburan komputer juga bisa. Kita bisa melihatfilm ,mendengar musik, bahkan bisa juga menonton televisi.Hal yang wajar jika Komputer/ Laptop/ Tablet di katakan sebagai alat komunikasi yang modern.

10. Jaringan Internet
Kehadiran internet membuat hubungan manusia semakindekat dan mudah. Dengan internet banyak orang bisa berkomunikasi dan saling bertatap muka, walau beda negara. Dengan internet banyak orang bisa mengakses informasi berupa berita, tips, artikel, videodan yang lain.Internet telah merevolusi gaya hidup banyak orang dalam berkomunikasi. Apalagi sekarang zamannya sosial media dimana orang bisa dengan cepat mencari dan berkomunikasi dengan teman lama.

11. Microfon
Biasa orang banyak menyebutnya mic Berfungsi untuk di dalamkeramaian supaya semua orang bisa mendengar apa yang di ucapkan oleh pembicara, maka di butuhkan Microfon.Dan perkembangan mic pun sudah kian pesat, sekarang sudah mic yang menggunakan nirkabel.Dengan jarak 10 atau 20 meter mic bisa terhubung dengan sound atau pengeras suara.

12. Radar 
Suatu alat yang bisa mengtahui dimana posisi orang atau benda. Radarmemberikan sinyal atau informasi yang akurat tentang apa yang di inginkan oleh manusia.

13.Handy talky 
HandyTalky adalah alat berkomunikasi dengan mengunakansinyal frekuensi tertentu sebagai pemancarnya untuk menghubungkan handy talky yang satu denganhandy talky yang lain menurut sumber_http://febriirawanto.blogspot.com/2012/06/pengertian-handy-talky.html. Alat ini biasa di pakai oleh satuan kepolisian atau tentara dalam bertugas. Selain kedua itu, pihak satuan pengamanan (satpam) sering memakai alat ini dalam bekerjanya.

14.Toa
Alat ini biasanya di gunakan oleh para orang yang lagi orasi dalam menyampaikan pendapat. Tidakterlalu besar suara yang di keluarkan dari toa, namun alat ini termasuk sebagai alat komunikasi modernyang pernah ada.

15. Modem
Untuk menghubungkan komputer atau laptop ke internetitulah yang bernama modem. Saat ini banyak provider yang menjual modem dengan harga yang bersaing.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai 15 alat komunikasi modern dan fungsinya
Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat! Terimakasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting