Macam-Macam Software dan Fungsinya

 Macam-Macam Software dan Fungsinya


    Untuk menjalankan sebuah sistem komputer, software memiliki peran cukup penting. Dan dibawah ini adalah beberapa fungsi software komputer yang dapat disimpulkan, diantaranya sebagai berikut.


1. Fungsi software secara mendasar adalah mendeteksi perangkat hardware pada komputer, dan         kemudian mengatur perangkat – perangkat hardware tersebut agar dapat berkerja bersama – sama.

2. Fungsi software komputer berikutnya adalah sebagai media untuk menghubungkan software – software lain dengan perangkat keras komputer.

3. Selain itu fungsi software juga sebagai pengidentifikasi program dan penerjemah software – software lainya agar dapat berkerja sama.

Macam-Macam Software dan Fungsinya
 Macam-Macam Software dan Fungsinya



Macam-Macam Software & Fungsinya :

    Software (Perangkat Lunak) adalah Program yang berisi instruksi yang akan menjalankan perintah untuk melakukan pengolahan data.

Macam-Macam Software dan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, Software komputer terbagi dalam 4 (Empat) jenis, yaitu:


1. Operating Sistem (Sistem Operasi)

     Merupakan perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer. Di bawah ini adalah contoh dari sistem operasi :

a. Windows

Macam-Macam Software dan Fungsinya
 Macam-Macam Software dan Fungsinya


      Microsoft Windows atau biasa disebut Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Bill Gates atau ketau CEO Microsoft Corporation yang menggunakan interface berbasis GUI (Graphical User Interface) atau tampilan interface bergrafis.


     Awalnya Windows bermula dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Windows Versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 merupakan perangkat lunak yang bekerja atas arsitekstur 16-Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi dan berjalan atas MS-DOS, sehingga untuk menjalankannya membutuhkan MS-DOS. MS-DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat komputer Seattle Computer Products dan barulah kemudian direkrut oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya.


2. Application Software ( Program Apliaksi)


     Merupakan suatu program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Contoh program aplikasi yang sering digunakan yaitu :


a. Microsoft Office

     Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Mocrosoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi didalam Microsost Office yang terkenal adalah Word, Word dan PowerPoint.

b. Adobe Photoshop

Macam-Macam Software dan Fungsinya
 Macam-Macam Software dan Fungsinya


     Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor buatan Adobe System yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe System. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan seterusnya.


Baca Juga : Hacker take over tens of millions of faceboo accounts


3. Utility Software (Program Bantu)

      Merupakan suatu program untuk membantu sistem operasi. Berikut adalah contoh dari program Utility :

a. AVAST Antivirus

  AVAST Antivirus adalah salah satu dari sekian banyak produsen keamanan yang dapat kita andalkan untuk melindungi PC kita terhadap berbagai macam ancaman seperti malware, spyware, adware, trojan dan lain sebagainya.


4. Malware (Program Perusak)


  Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem.


a. Virus

Macam-Macam Software dan Fungsinya
 Macam-Macam Software dan Fungsinya


     Merupakan sebuah progam yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri, memanipulasi data, menginveksi, serta mengubah dan merusak progam lain. Varian ini sering ditemui dan seringkali mengganggu para pengguna komputer.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Tengah Posting